Ngobrol


Manuusia sebagai mahluk sosial tidak akan pernah bisa lepas dari yang namanya mengobrol, baik itu dengan adik,kakak, teman maupun orang yang lebih tua. Mengobrol merupakan salah satu bentuk dari komunikasi baik verbal. Mengobrol merupakan suatu kegiatan yang biasa dilakukan oleh manusia untuk menyampaikan pesan, baik anak-anak orang dewasa maupun lansia. Ngobrol merupakan salah satu cara mereka menyampaikan pesan,gagasan, pemikiran yang mereka miliki kepada orang lain.
Ngobrol merupakan salah satu bentuk komunikasi interpersonal dimana komunikasi tersebut terjadi diantara dua orang, yang terjadi kontak langsung dalam bentuk percakapan. Baik melalui medium maupun secara langsung.
Orang mengobrol pada umumnya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk berkomunikasi dengan orang lain. Agar dapat obrolan itu bisa enak dan menarik sebaiknya komunikator sebelum mengkomunikasikan kepada komunikan sebaiknya memahami dulu apa yang akan disampaikan. Mengobrol yang baik akan menumbuhkan keterbukaan orang untuk mengungkapkan dirinya, makin cepat persepsi tentang orang lain dan persepsi dirinya. Sehingga makin efektif komunikasi yang berlangsung diantara peserta komunikasi.

Komunikasi antar pribadi adalah proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang, atau diantara sekelompok kecil orang dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika, dan komunikasi antar pribadi dikatakan efektif dalam merubah perilaku orang lain, (Effendy,1986:61).
Dari pernyataan diatas ada beberapa elemen penting yang ada dalam komunikasi antar pribadi, yaitu:
a. Adanya pesan yang disampaikan
b. Adanya penerimaan pesan
d. Adanya efek dari terjadinya komunikasi
e. Adanya umpan balik

Menurut De Vito (1997:233), hubungan komunikasi interpersonal terbina melalui tahap-tahap pengembangan yaitu:
a. Kontak, pada tahap ini alat indera sangat diperlukan untuk melihat, mendengar, dan membaui seseorang. Bila pada tahap kontak terbina persepsi yang positif maka akan membawa seseorang pada hubungan yang lebih erat yaitu persahabatan, saling terbuka dan penuh kehangatan.
b. Keterlibatan, adalah tahap pengenalan lebih jauh, mengikatkan diri kita untuk mengenal orang lain dan mengungkapkan diri.

c. Keakraban, pada tahap ini kita mengikat diri lebih jauh lagi bagaimana seseorang dapat menjadi sahabat yang baik.

d. Pengrusakan, tahap ini terjadi penurunan hubungan, dimana ikatan antara kedua pihak melemah.
.

Komentar