Kos dan Kontrakan

Sudah hal biasa bagi seorang yang pergi dari desa/kampung halaman untuk mencari ilmu atau kerja membutuhkan sebuah tempat tinggal sementara, bila diamat ada beberapa kecenderungan dari mereka, yang notabenya sebagai pelajar atau mahasiswa biaanya mereka memilih tingal di kos karena harganya yang relatif terjankau,sedangkan orang yang merantau untuk bekerja biasanya memilih untuk tinggal disebuah kontrakan.

Kos bianya hanya saturuang, jadi sebagian besar kegiatan berada diruangan itu bisa dibayangkan, tidur, belajar, masak,makan dsb dilakukan dalam satu ruangan. Bagaiman rasanya ? tapi itulah adanya, sebagian mahasiswa atau pelajar yang ngeKos. Karena itu mereka akan cepat sekali measakan kejenuhan,hal ini secara langsung maupun tidak kangsung akan berpengaruh terhadp proses belajar mereka, dan akan mempengaruhi prestasi mereka baik secara akademik maupun non-akademimk.

Kontrakan, sebagian besar orang yang datang untuk bekerja akan lebih cenderung untuk memilih kontrakan sebagai tempat tinggalnya. harganya memang lebih mahal dibanding dengan kos, tapi haga yang dibayar sebanding dengan apa yang didapatnya. seumpama kalau kos 1kamar 100/bulan, kontrakan 300/bulan tapi kontrakan tidak hanya terdiri dari satu ruang, melainkan 3ruang. tingal dikontrakan dan dikos menurut saya lebih enak tingal dikontrakan karena selain tempatnya yang lebih luas, kontrakan juga akan lebih enak untuk tmpat tingal sementara, karena sebagian besar kegiatan tidak hanya ada dalam satu tempat.


Mahasiswa Pendidikan Ekonomi S1(Adm.Perkantoan) Unnes Semarang

Komentar