PENGERTIAN RETAIL

Perkembangan Industri Retail di Indonesia begitu sangat pesat, namun tidak diiringi oleh informasi yang menunjang, sangat susah mencari informasi tentang perkembangan retail di internet. coba saja cari di om google tentang " retail " yang keluar pasti kebanyakan link dari luar ataupun iklan yang tidak ada hubungannya dengan informasi retail yang kita cari.
Melalui website ini, saya berusaha berbagi pengetahuan mengenai seluk beluk Industri Retail di Indonesia.
untuk mendukung penjelasan ini, saya menggunakan teori yang penulis dapatkan langsung dari sumber terbesar retail di indonesia, yaitu Matahari Dept Store.
Pengertian Retail
Retail adalah penjualan dari sejumlah kecil komoditas kepada konsumen.
Retail berasal dari bahasa Perancis yaitu " Retailer" yang berarti " Memotong menjadi kecil kecil" (Risch, 1991 ).
Sedangkan menurut Gilbert (2003) Retail adalah Semua usaha bisnis yang secara langsung mengarahkan kemampuan pemasarannya untuk memuaskan konsumen akhir berdasarkan organisasi penjualan barang dan jasa sebagai inti dari distribusi
Dalam kamus Bahasa Inggris - Indonesia, Retail bisa juga di artikan sebagai "Eceran"

Pengertian Retailing adalah semua aktivitas yang mengikut sertakan pemasaran barang dan jasa secara langsung kepada pelanggan
Pengertian Retailer adalah semua organisasi bisnis yang memperoleh lebuh dari setengah hasil penjualannya dari retailing ( lucas, bush dan Gresham, 1994)
Klasifikasi Retail
Menurut Pintel dan Diamond (1971), Retail dapat di klasifikasikan dalam banyak cara, sebagai contoh Retail dapat di kelompokkan sesuai dengan aktivitas penjualan barang berdasarkan sbb :

- Retail Kecil

Bisnis Retail kecil di gambarkan sebagai retailer yang berpenghasilan di bawah $500 pertahun. Pemilik retail pada umumnya bertanggung jawab penuh terhadap seluruh penjualan dan manajemen.
Biasanya kebanyakan pemilik toko pada bisnis retail kecil ini dimiliki oleh secara individu (Individual Proprietorship)

- Retail Besar

Pada saat ini industri Retail di kuasai oleh organisasi besar, organisasi tersebut meliputi :
Departemen Store - Chain organization (organisasi berantai), Supermarket, Catalog Store, Warehouse, Outlet dan Online Store (Toko Online )
Departemen Store merupakan salah satu dari retailer besar dimana menawarkan berbagai macam jenis produk / barang, tingkat harga dan kenyamanan dalam berbelanja.
Produk yang ditawarkan bisa meliputi :
- Perlengkapan pria ( Mens World ) dan Wanita ( Ladies World )
- Perlengkapan Remaja ( Youth World )
- Perlengkapan anak anak & permainan (Children & Toys World)
- Perlengkapan Sepatu dan Accesories ( Shoes World )
- Perlengkapan Olahraga & Alat Musik (Sport Center)
- Perlengkapan perangkat keras /Rumah tangga (Hardware)
- Perlengkapan Kosmetik
- Dan sebagainya

Pembagian Wilayah

Di awal sudah saya jelaskan mengenai produk yang di tawarkan
Produk yang ditawarkan bisa meliputi :
- Perlengkapan pria ( Mens World ) dan Wanita ( Ladies World )
- Perlengkapan Remaja ( Youth World )
- Perlengkapan anak anak & permainan (Children & Toys World)
- Perlengkapan Sepatu dan Accesories ( Shoes World )
- Perlengkapan Olahraga & Alat Musik (Sport Center)
- Perlengkapan perangkat keras /Rumah tangga (Hardware)
- Perlengkapan Kosmetik
- Dan sebagainya

Di halaman ini saya akan mencoba mengupas tuntas tentang detail produk yang biasa ditawarkan kepada konsumen.
(Studi kasus saya dapatkan langsung di Matahari dept Store - Parisian Dept Store - Pasaraya Dept Store dan store visit )
Sebelum para retailer menjual / menawarkan produknya, maka terlebih dahulu mereka harus membedakannya produk nya per kategory.

World Hierarchy


world hierarchy




Home World

1. Home World (Dunia Rumah tangga)

Zona Perlengkapan rumah tangga di bedakan menjadi 4 bagian, yaitu :
- Bed & Bath ( Perlengkapan Tidur dan Mandi)
- HouseWear ( Perkakas rumah tangga )
- Table Top ( Perlengkapan Meja )
- Decor ( Perlengkapan dekorasi )
- Travel ( Jasa Travel )
- Electronic ( Perlengkapan Elektronik )
- Sport Equipment ( Perlengkapan Olahraga )

Lebih enak kalo di kasih gambar kali yaaa...
Dibawah ini Denah gambar Home World







Children World


2. Children World (Dunia Anak - Anak)
Children World atau Dunia Anak anak merupakan salah satu Zona yang mempunyai persentase yang cukup besar dalam memberikan omzet ( khususnya di saat Masa liburan dan saat menjelang lebaran)
Dunia Anak-anak Mencakup beberapa zona, yang di bagi menjadi :
- Character, ( Meliputi : Apparel & acc - House wear - Toys & acc )
- Boys & Girl ( usia 5 - 13 Tahun )
- Essential (meliputi : Sock / kaus kaki)
- New Born ( Perlengkapan Bayi ) meliputi infant & toddler
- Accessories
- Playtime ( Area Bermain dan alat permainan)

Dibawah ini Denah gambar Kids World
 
kids world


kids world

Youth World


4. Youth World (Dunia Remaja )
Youth World atau Dunia Remaja adalah suatu zona yang menyediakan semua kebutuhan remaja, baik pria maupun wanita.
Untuk remaja putra, biasa disebut youth boy dan untuk remaja wanita disebut youth girl
Berikut, pembagian zona di Youth World :
- Denim
- Contemporery
- Street Wear
- T shirt
- Sport Wear
- Casual
- Life Style



Dibawah ini Denah gambar Youth World
 
kids world

Ladies World


5. Ladies World (Dunia Wanita )
Ladies World atau Dunia Wanita adalah suatu zona yang menyediakan semua kebutuhan wanita, mulai dari perlengkapan tidur sampai ke perlengkapan pesta.
Berikut, pembagian zona di Youth World :
- Intimate ( Lingerie - Sleep wear )
- Casual
- Career
- Special ( Maternity - Traditional - Party - Special size )


Dibawah ini Denah gambar Ladies World
 
kids world


Shoes World


6. Shoes World (Dunia Sepatu )
Dari namanya udah bisa dibayangkan, zona apakah diatas ?
Yup... Dunia Sepatu, mulai dari sepatu pria - wanita, sport, casual, pesta, dan sebagai nya pasti ada di zona ini
Berikut, pembagian zona di Shoes World :
- Ladies Shoes
- Mens Shoes
- Children Shoes
- Sport Shoes
- Hosiery


Dibawah ini Denah gambar Shoes World
 

Beauty World


7. Beauty World (Dunia Kecantikan )
Ehmm... ini dia zona yang penulis paling suka.... bukan saja konsumennya yang cantik cantik... tapi juga lokasi nya yang begitu harum, dikarenakan aroma parfum baik yang langsung dikenakan oleh para pengunjung maupun counter - counter yang menjual parfum kelas atas.
Berikut, pembagian zona di Beauty World :
- Cosmetic ( Fragrance - Colour - Body bath - Traditional - Brand )
- Accessories ( Beauty - SunGlasses - Jewelry - Watch - Hair )
- Ladies Handbags
- Body Treatment
- Beauty Class


Dibawah ini Denah gambar Beauty World
 
kids world
kids world






http://ilmuretail.com/index2.php

Komentar