Tiga Hal penting dalam pemasaran




Sering telinga kita mendengar seorang pebisnis yang akan melakukan proses pemasaran produk atau jasa-nya membutuhkan strategi yang lebih dikenal dengan strategi pemasaran yang pertama kali terbayang biasanya ada dua hal. Pertama, sale atau menjual. Dan kedua, promosi

langkah proses pemasaran

"Apakah kedua hal tersebut salah?"

mari kita kaji lebih dalam tentang pertanyaan tersebut. Biasanya langkah penting dalam proses marketing itu  membutuhkan Langkah-langkah tertentu disesuaikan dengan sikon Pelaku usaha dan kondisi pasar itu sendiri. saya akan berbagi sedikit  ini merupakan bagian awal yang sangat mendasar saat seorang pebisnis hendak melakukan proses pemasaran.
Apakah itu?



Tentukan target market
Hal pertama yang perlu dilakukan untuk memasarkan adalah menetapkan target market atau sering kita dengar dengan istilah tujuan. Siapa yang menjadi sasaran/pengguna produk atau jasa yang anda jual. Ketahui apa yang dibutuhan dan diinginan oleh pasar.
Boleh saja misalnya anda mengarahkan pada beberapa kelompok target market. Namun perlu diingat, setiap marketing yang sukses harus fokus pada target yang dituju. Fokus pilih sebuah target market pada satu waktu.
Dari sekelompok target market tersebut, temukan juga orang-orang yang punya hasrat lebih pada produk yang anda jual. Sebab pada merekalah anda bisa menjual lebih sering dan lebih banyak.
Berikan penawaran
Langkah kedua pada proses pemasaran adalah memberikan penawaran. Pada target market ini, sampaikan penawaran anda. Bukan sekedar penawaran biasa, tapi penawaran yang menarik. Dan yang perlu diingat juga yang anda jual sebetulnya adalah nilai manfaatnya(tentunya dengan pendukungnya.).
Misalnya anda anda berjualan jam tangan. Keliru BESAR kalau anda katakan anda berjualan jam tangan. Sebab yang orang beli bukan jam tangan. Orang membeli ketepatan waktu, kenyamanan saat dipakai, keren, trendy dan fashionable.
Media yang dipakai
Langkah ketiga dalam proses pemasaran adalah penting memperhatikan media yang akan digunakan untuk menyampaikan pesan anda. Kebanyakan orang yang kurang mengerti marketing biasanya akan langsung “melompat” ke bagian ketiga ini. Apa akibatnya?
Akibatnya pemasaran yang mereka lakukan menjadi kurang efektif karena tak tahu siapa yang disasar dan bagaimana memberikan penawaran yang hebat. Karena itu lakukan terlebih dulu dua hal dalam proses pemasaran sebelumnya.
Lalu media apa sebaiknya dipakai? Cari media yang paling efektif untuk menjangkau mereka. Kalau target market anda adalah orang-orang di sekitar rumah anda yang mungkin masih jarang menggunakan internet, tentunya media yang lebih efektif adalah dengan bertatap muka langsung atau dengan selebaran.
Tapi kalau target market anda sudah lebih luas lagi, anda bisa pilih media lainnya, bisa media cetak, radio, televisi, atau internet. Intinya, cari media yang paling mudah untuk menjangkau mereka agar pesan yang ingin anda sampaikan dapat diterima target market.


http://www.jokosusilo.com

Komentar