LEegenda danau toba >>> drama



Asal-Usul Danau Toba 
            Pada zaman dahulu kala, ada seorang pemuda  pengembara yang pekerjaannya hanya bermalas malasan.Setiap hari dia hanya melamun dirumah dan memikirkan nasibnya.
Pemuda pengembara :” (sambil  mengambil kail pancing )Dari pada aku melamun, lebih baik aku memancing di telaga .”
            Saat memancing ,dia duduk sambil berdoa,memohon kepada Tuhan agar diberi kekayaan.Tanpa terasa dia sudah hampir seperempat hari duduk di pinggir telaga itu.Tidak lama kemudiaan kail pancingnya ditarik oleh ikan.Seekor ikan menggelempar jatuh di parit persemaian padi. Pemuda pengembara  hendak memegang ikan ,tiba-tiba ikan itu berbicara.
Ikan                              : “ ( sambil berbicara ) Hai pemuda jangan kau bunuh aku.    Peliharalah aku dan jadikanlah aku sebagai temanmu!”
Pemuda pengembara:”(sambil keheranan) Ha…ikan dapat berbicara!Siapa kau ini.
Ikan:”Aku adalah temanmu.Peliharalah aku di empangmu tetapi jangan kau lihat pada malam hari!”
Pemuda pengembara:”(sambil ketakutan)Ba…ik.Baik!”
            Ikan itu dibawanya pulang sambil berlari. Sampai dirumah ikan itu dilepas di empang belakang rumahnya yg jernih airnya. Pemuda itupun  segera pergi mencari kayu bakar.
            Setelah  pulang dia selalu memikirkan ikan itu.
Pemuda pengembara :”(sambil kebingungan) Mengapa aku tidak boleh menengok pada malam hari?Siapa sesungguhnya ikan itu ?”
            Hari telah malam pemuda itu tidak dapat tidur memikirkan keganjilan ikan itu . Dia memberanikan diri untuk melihat ikan saat itu juga . Sampai di empang, dia mencari okan ke semua sudut namun tidak ada .
Pemuda pengembara :”( sambil berdiri ke bingungan ) Dimana ikan tadi ? “
            Tiba-tiba munculah seorang wanita cantik di belakang pemuda itu .
Ikan :” Akulah ikan itu !”
Pemuda pengembara :” Siapa  kau sebenarnya ?”
Ikan :”Aku adalah temanmu . Apabila kau ingin kaya, jadikanlah aku istrimu. Apakah engkau sanggup ?”
Pemuda pengembara :” Sanggup. Tetapi, benarkah itu ?”
Ikan :” Benar, hanya ada syaratnya”
Pemuda pengembara :” Apa syaratnya ?”
Ikan :” Kamu tidak boleh mengatakan atau bertanya tentang asal usul ku !”
            Akhirnya mereka menikah  layaknya manusia pada umumnya . Beberapa tahun kemudian , lahirlah serorang anak yang mereka beri nama Sam. Sam adalah anak yang nakal.
Ikan :” Sam, tolong antarkan makanan ini ke ayah.”
Sam :” ( sambil berlarian menuju ke ibunya ) Iya,  tapi dimana ayah bu?
Ikan :” Ayah ada di ladang .”
            Tetapi selama perjalanan bekal itu seharusnya untuk ayahnya di habiskan oleh sam .
Sam :”  Lebih baik aku makan saja bekal untuk  ayahku.
Setelah ayahnya lama  menunggu dan mengetahui kalau bekalnya habis.murkalah pengembara itu.
Pemuda pengembara:” Dasar anak  ikan !”
Sam:”(sambil berlarian ) Bu, apakah benar aku ini anak ikan ?”
Ikan :” Naiklah kamu keatas bukit .”
             Seketika itu juga turun hujan yang deras . Lama kelamaan telaga itu dipenuhi air yg berubah menjadi danau yang mengelilingi tempat sam menyelamatkan diri . Air itu mengelilingi pulau yang sekarang disebut pulau samosir . Danau tersebut sekarang dikenal sebagai danau toba dengan pulau samosir di tengahnya .
Burung Kenari Burung Cendrawasih Cukup Sekian Dan Terimakasih

           

Komentar