Rpp



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 06 )
Nama Sekolah       : SMP Masehi 2 PSAK
Mata Pelajaran      : Matematika
Kelas/ Semester    : VIII / Satu
Materi Pokok        : Fungsi
Alokasi waktu      :  1 Pertemuan ( 2 Jam Pelajaran )

A.    Kompetensi Inti, kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti (KI)
Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
1.    Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1 Menghargai dan menghayati  ajaran agama yang dianutnya

1.1 .1 Merasa bersyukur terhadap karunia Tuhan dengan berdoa atas kesempatan mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar fungsi
2.    Menghargai  dan menghayati peril
aku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti, bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan keguanaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.


2. 2.1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab yang ditandai dengan melaksanakan tugas individu dengan baik ,mau menerima resiko dari tindakan yang dilakukan, meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.

2.2.2  Menunjukkan sikap percaya diri yang ditandai dengan berani presentasi didepan kelas ,berani berpendapat,bertanya,atau menjawab pertanyaan ,melakukan kegiatan tanpa ragu
3.    Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

3.2. Menyajikan fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurutan, rumus fungsi, tabel, grafik dan diagram
3.2   Memahami bentuk penyajian fungsi  
3.2.1      Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah
3.2.2      Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram Cartesius
3.2.3      Menyatakan fungsi dalam bentuk himpunan pasangan berurutan


4.    Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
4.1. Mengumpulkan, mengolah, menginterprestasi dan menampilkan data hasil pengamatan dalam bentuk tabel, diagram dan grafik dari   dua variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
4.1.1Menyelesaikan model matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi


B.     Materi Pembelajaran
Bentuk Penyajian Fungsi ( Buku Siswa Matematika VIII hal 95 -97 )
a.   Diagram panah
b.   Himpunan pasangan berurutan
c.   Grafik / diagram Cartesius
C.    Metode Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
D.    Alat,dan Sumber Pembelajaran
1.      Alat
Komputer,Power point,LKS
2.      Sumber Belajar
Buku paket,yaitu buku Matematika untuk SMP / MTs kelas VIII.Kemendikbud RI. 2014 halaman 95-98
E.     Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan
1.    Memberi salam,  dilanjutkan  menanyakan kabar dan  mengecek  kehadiran  siswa.
2.    Mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan dicapai siswa.
3.    Menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh .
4.    Menginformasikan prosedur dan teknik pengambilan nilai sikap (tangggung jawab dan ingin tahu )

8  menit
Inti
1.            Mengamati
Siswa mencermati penyajian fungsi dari tayangan power point

2.            Menanya
Peserta didik merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan penyajian fungsi pada power point

3.   Mengumpulkan informasi
      -     Peserta didik berkelompok antara 2 anak dan  
            mengamati LKS
-          Menjawab pertanyaan jika ada kelompok mengalami
            hambatan
4.     Mengamati
-   Peserta didik mengamati contoh yang diberikan guru   
            mengenai penyajian fungsi
5.      Menanya
-     Peserta didik merumuskan penyajian fungsi

6. Mengumpulkan informasi
-    Pesrta didik mengumpulkan informasidari buku untuk    
     mengerjakan lanjutan LKS
7. Menganalisa data
        Peserta didik menyimpulkan  pada lks 1
8. Mengkomunikasikan
- Salah satu peserta didik mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya
-    Peserta didik lain member tanggapan atas presentasi   
    yang disajikan meliputo bertanya,mengkonfirmasi,melengkjapi informasi ataupun tanggapan lainnya
-     Guru member umpan balik atau konfirmasi
90 menit
Penutup
1.   Bersama sama siswa membuat simpulan dari kegiatan hari ini..
2.   Memberikan tugas rumah dengan permasalahan ditentukan suatu fungsi, siswa menyajikan dalam bentuk diagram panah dan dengan rumus fungsi..
3.   Guru menginformasikan kepada siswa tentang materi yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
15 menit



F.     Penilaian
Instrument Penilaian kompetensi sikap       
PETUNJUK PENENTUAN NILAI SIKAP
1.       Penilaian sikap social
Teknik penelitian : observasi oleh guru
Bentuk instrument :
Kisi-kisi :
a.       Sikap tanggung jawab
Indicator penilaian sikap tanggung jawab (dalam kelompok)
1.      Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.      Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3.      Meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan
Skala nilai / Skor:
1  = Tidak pernah melakukan
2  = Kadang-kadang melakukan
3  = Sering melakukan
4  = Selalu melakukan
b.      Sikap percaya diri
Indikator penilaian sikap percaya diri (dalam kelompok)
1.      Berani presentasi di depan kelas
2.      Berani bertanya, berpendapat dan menjawab pertanyaan
3.      Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu
Skala nilai / Skor:
1  = Tidak pernah melakukan
2  = Kadang-kadang melakukan
3  = Sering melakukan
4  = Selalu melakukan
2.      INSTRUMEN PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
Petunjuk Umum
1.   Instrument penilaian sikap social ini berupa Lembar Penilaian Diri.
2.   Instrument penilaian ini diisi oleh peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
Petunjuk pengisian
    Berdasarkan perilaku kalian selama dua minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda (V) pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan sebagai berikut:
a.       4 =  apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
b.      3 = apabila sering melakukan perilaku yang dinyatakan
c.       2 = apabila kadang-kadang melakukan perilaku yang dinyatakan
d.      1 = apabila tidak pernah melakukan perilaku yang dinyatakan
Kolom SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.

LEMBAR PENILAIAN DIRI
Nama                                       :…
Kelas/Nomor Urut                  :…
Semester                                  :…
Tahun Pelajaran                       :…
Hari/Tanggal Pengisian           :…
Butiran Nilai : Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarika pada matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
Indikator Sikap :
1.             Melaksanakan tugas individu dengan baik selama proses pembelajaran
2.             Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan
3.             Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang kuat
4.             Berani presentasi di depan kelas
5.             Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan
6.             Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu
No
Indicator
4
3
2
1
Ket
1
Melaksanakan tugas individu dengan baik selama proses pembelajaran





2
Menerima resiko dari tindakan yang dilakukan





3
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti yang kuat





4
Berani presentasi di depan kelas





5
Berani berpendapat, bertanya, atau menjawab pertanyaan





6
Berpendapat atau melakukan kegiatan tanpa ragu






Jumlah skor / kesimpulan







Penilaian kompetensi pengetahuan
b.      Penilaian kompetensi pengetahuan
Indikator
Instrumen
1.  Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah.
1.      Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}. Tentukan relasi yang merupakan fungsi dari A ke B, kemudian sajikan relasi tersebut dengan diagram panah !
2.Menyajikan fungsi dalam rumus fungsi
2.       Diketahui A = {2, 3, 5, 7} dan B = {4, 9, 25, 49}. Tentukan relasi yang merupakan fungsi dari A ke B, kemudian sajikan relasi tersebut dengan rumus fungsi !




c.       Pedoman penskoran
No. Soal
Aspek Penilaian
Rubrik Penilaian
Skor
1.

Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah.
Siswa  dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi secara tepat.
4
Siswa  dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi dengan kurang tepat
2
Tidak ada jawaban/respon
0
2.
Menyajikan fungsi dalam rumus fungsi
Siswa  dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi secara tepat
4
Siswa  dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi dengan  kurang tepat
2
Tidak ada jawaban/respon
0
Skor Maksimal
8
Skor Minimal
0

G.    Sumber Belajar
Buku siswa mata pelajaran Matematika jilid VIII, Kemdikbud 2013.



                                                                                               Semarang, 14 Juli 2014

Kepala Sekolah                                                     Guru Mata Pelajaran



                 Bekti rahayu                                                          Retna s
































Lampiran
LKS 3
Tugas Siswa
Selesaikan  !
1.      f adalah fungsi dari himpunan A = {2, 3, 4} ke himpunan X = {4, 5, 6} yang didefinisikan dengan pasangan berurut f = {(2 ,4), (3 , 5), (4 , 6)}. Nyatakan f dengan cara:
a.       diagram panah
b.      rumus fungsi
2.      g adalah fungsi dari himpunan A ke himpunan B yang didefinisikan dengan diagram panah sebagai berikut.
            Nyatakan fungsi g di atas dengan cara pasangan berurutan.
3.      h adalah fungsi dari Himpunan Bilangan Asli {1, 2, 3, 4, …} ke Himpunan Bilangan Real R dengan rumus: h(n) = 2n – 1 Nyatakan fungsi di atas dengan cara:
a.       pasangan berurutan
b.      diagram panah

Komentar