RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP 06 )
Nama
Sekolah : SMP Masehi 2 PSAK
Mata
Pelajaran : Matematika
Kelas/
Semester : VIII / Satu
Materi
Pokok : Fungsi
Alokasi
waktu : 1 Pertemuan ( 2 Jam Pelajaran )
A.
Kompetensi
Inti, kompetensi Dasar dan Indikator Pencapaian Kompetensi
Kompetensi Inti (KI)
|
Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran
agama yang dianutnya
|
1.1 Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 .1 Merasa bersyukur terhadap
karunia Tuhan dengan berdoa atas
kesempatan mempelajari matematika dalam kehidupan sehari-hari melalui belajar
fungsi
|
2. Menghargai dan menghayati peril
aku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotong
royong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan
lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya
|
2.1 Menunjukkan sikap logis, kritis, analitik, konsisten, dan teliti,
bertanggung jawab, responsif, dan tidak mudah menyerah dalam memecahkan masalah.
2.2 Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri dan ketertarikan pada
matematika serta memiliki rasa percaya pada daya dan keguanaan matematika,
yang terbentuk melalui pengalaman belajar.
|
2. 2.1 Menunjukkan sikap bertanggung jawab yang ditandai dengan
melaksanakan tugas individu dengan baik ,mau menerima resiko dari tindakan
yang dilakukan, meminta maaf atas kesalahan yang dilakukan.
2.2.2
Menunjukkan sikap percaya diri
yang ditandai dengan berani presentasi didepan kelas ,berani
berpendapat,bertanya,atau menjawab pertanyaan ,melakukan kegiatan tanpa ragu
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
|
3.2. Menyajikan
fungsi dalam berbagai bentuk relasi, pasangan berurutan, rumus fungsi, tabel,
grafik dan diagram
|
3.2 Memahami bentuk penyajian fungsi
3.2.1
Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah
3.2.2 Menyajikan fungsi dalam bentuk
diagram Cartesius
3.2.3 Menyatakan fungsi dalam bentuk
himpunan pasangan berurutan
|
4. Mengolah, menyaji, dan menalar
dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan
membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan
mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama
dalam sudut pandang/teori
|
4.1. Mengumpulkan,
mengolah, menginterprestasi dan menampilkan data hasil pengamatan dalam
bentuk tabel, diagram dan grafik dari dua
variabel serta mengidentifikasi hubungan antar variabel
|
4.1.1Menyelesaikan model
matematika dari masalah nyata yang berkaitan dengan fungsi
|
B.
Materi
Pembelajaran
Bentuk Penyajian Fungsi ( Buku Siswa Matematika VIII
hal 95 -97 )
a. Diagram panah
b. Himpunan pasangan berurutan
c. Grafik / diagram Cartesius
C.
Metode
Pembelajaran
Pendekatan Saintifik
D.
Alat,dan
Sumber Pembelajaran
1. Alat
Komputer,Power
point,LKS
2.
Sumber Belajar
Buku
paket,yaitu buku Matematika untuk SMP / MTs kelas VIII.Kemendikbud RI. 2014
halaman 95-98
E.
Langkah-langkah
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan
|
Uraian
Kegiatan
|
Rencana Waktu
|
Pendahuluan
|
1.
Memberi salam,
dilanjutkan menanyakan kabar dan mengecek
kehadiran siswa.
2.
Mengkomunikasikan tujuan belajar dan hasil belajar yang diharapkan akan
dicapai siswa.
3.
Menginformasikan cara belajar yang akan ditempuh .
4.
Menginformasikan prosedur dan teknik pengambilan nilai sikap (tangggung
jawab dan ingin tahu )
|
8 menit
|
Inti
|
1.
Mengamati
Siswa
mencermati penyajian fungsi dari tayangan power point
2.
Menanya
Peserta
didik merumuskan pertanyaan yang berkaitan dengan penyajian fungsi pada power
point
3. Mengumpulkan informasi
-
Peserta didik berkelompok antara 2 anak dan
mengamati LKS
-
Menjawab pertanyaan jika ada kelompok mengalami
hambatan
4. Mengamati
-
Peserta didik mengamati contoh yang diberikan guru
mengenai penyajian fungsi
5.
Menanya
-
Peserta
didik merumuskan penyajian fungsi
6. Mengumpulkan
informasi
- Pesrta didik mengumpulkan informasidari
buku untuk
mengerjakan lanjutan LKS
7. Menganalisa data
Peserta didik menyimpulkan pada lks 1
8. Mengkomunikasikan
- Salah satu peserta didik
mempresentasikan hasil diskusi/pekerjaannya
- Peserta didik lain member tanggapan atas
presentasi
yang disajikan meliputo bertanya,mengkonfirmasi,melengkjapi
informasi ataupun tanggapan lainnya
- Guru member umpan balik atau konfirmasi
|
90
menit
|
Penutup
|
1.
Bersama sama siswa membuat simpulan dari kegiatan hari ini..
2.
Memberikan tugas
rumah dengan
permasalahan ditentukan suatu fungsi, siswa menyajikan dalam bentuk diagram panah dan
dengan rumus fungsi..
3.
Guru menginformasikan kepada siswa tentang materi
yang akan dipelajari pada pertemuan yang akan datang.
|
15 menit
|
F.
Penilaian
Instrument
Penilaian kompetensi sikap
PETUNJUK
PENENTUAN NILAI SIKAP
1.
Penilaian sikap social
Teknik
penelitian : observasi oleh guru
Bentuk
instrument :
Kisi-kisi
:
a.
Sikap tanggung jawab
Indicator
penilaian sikap tanggung jawab (dalam kelompok)
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
2.
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
3.
Meminta maaf atas kesalahan yang
dilakukan
Skala
nilai / Skor:
1 = Tidak pernah melakukan
2 = Kadang-kadang melakukan
3 = Sering melakukan
4 = Selalu melakukan
b.
Sikap
percaya diri
Indikator
penilaian sikap percaya diri (dalam kelompok)
1.
Berani presentasi di depan kelas
2.
Berani bertanya, berpendapat dan
menjawab pertanyaan
3.
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa ragu
Skala
nilai / Skor:
1 = Tidak pernah melakukan
2 = Kadang-kadang melakukan
3 = Sering melakukan
4 = Selalu melakukan
2.
INSTRUMEN
PENILAIAN SIKAP SOSIAL
(LEMBAR PENILAIAN DIRI)
Petunjuk
Umum
1.
Instrument penilaian sikap social ini
berupa Lembar Penilaian Diri.
2.
Instrument penilaian ini diisi oleh
peserta didik untuk menilai dirinya sendiri.
Petunjuk
pengisian
Berdasarkan perilaku kalian selama dua
minggu terakhir, nilailah sikap diri kalian sendiri dengan memberi tanda (V)
pada kolom skor 4, 3, 2, atau 1 pada Lembar Penilaian Diri dengan ketentuan
sebagai berikut:
a.
4 =
apabila selalu melakukan perilaku yang dinyatakan
b.
3 = apabila sering melakukan perilaku
yang dinyatakan
c.
2 = apabila kadang-kadang melakukan
perilaku yang dinyatakan
d.
1 = apabila tidak pernah melakukan
perilaku yang dinyatakan
Kolom
SKOR AKHIR dan KETUNTASAN diisi oleh guru.
LEMBAR
PENILAIAN DIRI
Nama
:…
Kelas/Nomor
Urut :…
Semester :…
Tahun
Pelajaran :…
Hari/Tanggal
Pengisian :…
Butiran
Nilai : Memiliki rasa ingin tahu, percaya diri, dan ketertarika pada matematika
serta memiliki rasa percaya pada daya dan kegunaan matematika, yang terbentuk
melalui pengalaman belajar.
Indikator
Sikap :
1.
Melaksanakan tugas individu dengan baik
selama proses pembelajaran
2.
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
3.
Tidak menuduh orang lain tanpa bukti
yang kuat
4.
Berani presentasi di depan kelas
5.
Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab pertanyaan
6.
Berpendapat atau melakukan kegiatan
tanpa ragu
No
|
Indicator
|
4
|
3
|
2
|
1
|
Ket
|
1
|
Melaksanakan tugas individu dengan
baik selama proses pembelajaran
|
|||||
2
|
Menerima resiko dari tindakan yang
dilakukan
|
|||||
3
|
Tidak menuduh orang lain tanpa
bukti yang kuat
|
|||||
4
|
Berani presentasi di depan kelas
|
|||||
5
|
Berani berpendapat, bertanya, atau
menjawab pertanyaan
|
|||||
6
|
Berpendapat atau melakukan
kegiatan tanpa ragu
|
|||||
Jumlah skor / kesimpulan
|
Penilaian
kompetensi pengetahuan
b.
Penilaian
kompetensi pengetahuan
Indikator
|
Instrumen
|
1. Menyajikan fungsi dalam bentuk
diagram panah.
|
1. Diketahui A = {0, 1, 4, 9} dan B = {0, 1, 2, 3, 4}. Tentukan relasi yang merupakan fungsi dari A ke B, kemudian
sajikan relasi tersebut dengan diagram panah !
|
2.Menyajikan fungsi dalam rumus fungsi
|
2.
Diketahui A = {2, 3, 5, 7} dan B =
{4, 9, 25, 49}. Tentukan relasi yang merupakan fungsi dari A ke B, kemudian
sajikan relasi tersebut dengan rumus fungsi !
|
c.
Pedoman
penskoran
No. Soal
|
Aspek Penilaian
|
Rubrik Penilaian
|
Skor
|
1.
|
Menyajikan fungsi dalam bentuk diagram panah.
|
Siswa dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi secara tepat.
|
4
|
Siswa dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi dengan kurang tepat
|
2
|
||
Tidak ada jawaban/respon
|
0
|
||
2.
|
Menyajikan fungsi dalam rumus fungsi
|
Siswa dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi secara tepat
|
4
|
Siswa dapat menyajikan fungsi dalam rumus fungsi dengan kurang tepat
|
2
|
||
Tidak ada jawaban/respon
|
0
|
||
Skor Maksimal
|
8
|
||
Skor Minimal
|
0
|
G.
Sumber
Belajar
Buku siswa mata pelajaran Matematika jilid VIII,
Kemdikbud 2013.
Semarang,
14 Juli 2014
Kepala
Sekolah Guru
Mata Pelajaran
Bekti rahayu Retna
s
Lampiran
LKS
3
Tugas
Siswa
Selesaikan !
1. f
adalah
fungsi dari himpunan A = {2, 3, 4} ke himpunan X = {4,
5, 6} yang didefinisikan dengan pasangan berurut f = {(2 ,4),
(3 , 5), (4 , 6)}. Nyatakan f dengan cara:
a. diagram panah
b. rumus fungsi
2. g
adalah
fungsi dari himpunan A ke himpunan B yang didefinisikan dengan diagram
panah sebagai berikut.
Nyatakan fungsi g di atas
dengan cara pasangan berurutan.
3. h
adalah
fungsi dari Himpunan Bilangan Asli {1, 2, 3, 4, …} ke Himpunan Bilangan Real R
dengan rumus: h(n) = 2n – 1 Nyatakan fungsi di atas
dengan cara:
a. pasangan
berurutan
b. diagram
panah
Komentar
Posting Komentar