Seni Budaya


Pengertian tapestri
Tapestri merupakan salah satu teknik yang dipakai dalam seni “serat”. Namun pada perkembangannya tapestri sendiri merupakan seni yang berdiri sendiri atau dengan kata lain tapestri sendiri adalah sebutan dari seni serat itu sendiri.

Pengertian Lagu Daerah
Lagu daerah adalah lagu atau musik yang berasal dari suatu daerah tertentu dan menjadi populer dinyanyikan baik oleh rakyat daerah tersebut maupun rakyat lainnya. Bentuk lagu ini sangat sederhana dan menggunakan bahasa daerah atau bahasa setempat. Lagu daerah banyak yang bertemakan kehidupan sehari-hari sehingga mudah untuk dipahami dan mudah diterima dalam berbagai kegiatan rakyat.  Pada umumnya pencipta lagu daerah ini tidak diketahui lagi alias noname (NN).


Contoh Lagu daerah
-          cublak cublak suweng dari Jawa Tengah
-          ampar ampar pisang dari Kalimantan Selatan
-          pok ame ame dari Betawi.
-          Manuk Dadali dari Jawa Barat
-          Jali jali dari DKI Jakarta
Alat musik








Alat Musik Melodis
1.      Piano

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj1uTAkdb6n2hI7YdsV4lHTKpI7NuOy108BN9xi026wWtU9EBgJCM75RTCbCeMdCZ0OJS5OrTpEnnC8itaq-Xj8YifYIL3H826LLgjPSeechw5vU89-OwpoTfIRpmUSlgjiCw0oR-Ji9CnT/s1600/index.jpeg




Piano sendiri lahir dari keinginan untuk menggabungkan keindahan nada clavichord dengan kekuatan harpsichord. Hasrat itu mendorong Marius dari Paris (1716), Schroter dari Saxony (1717), dan Christofori (1720) dari Padua, Italia, untuk membuat piano. Namun, hasil utuh dan lengkap cuma ditunjukkan Bartolomeo Christofori. Dari piano ciptaan pemelihara harpsichord dan spinet (harpsichord kecil) di Istana Florentine -kediaman Pangeran Ferdinand de’Medici inilah piano modern berakar.




2.      Arkodion

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj78ARtrxEqLhIKVe9eV8picgvhYSpAOqB8gB01h8w5niJJ1OmUa8r9jMemw1ltRrpyrKsjHRl5voEiNZ9vIKQ7lZH5Lht-V-nuV9FKEdZm4U2-0QRLd5OFKMscqAzqeq3t7dOdnzDcIcXg/s1600/images.jpeg

Meskipun kebanyakan orang dapat menyulap gambaran mental dari suatu accordian, banyak yang tidak menyadari bahwa ada beberapa macam akordion, dikembangkan selama bertahun-tahun untuk genre musik tertentu. Sebagai instrumen buluh gratis, pembukaan dan penutupan bellow sebuah akordeon (atau Squeezebox) menyebabkan udara mengalir di atas buluh, yang membuat suara. Sebuah akordeon juga memiliki tombol, atau kedua tombol dan keyboard. Ini berfungsi untuk mengarahkan aliran udara ke buluh tertentu dan bukan yang lain, dengan demikian mengendalikan nada dimainkan.


3.      Pianika

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgljJFJiIC48hNcn2FuxEk8f5msx07f9aTk9jbgtJ0b5Tbvcm2wBKDIWK4N3MecU21kLc4t_bhhj1xlF0cW9owovo7E3bQjNqZ4OPuTr5FDyXIwKzZCbq6yoxwcYUjDHbVkLoYuTf-Ot2V4/s1600/imagesf.jpeg
Pianika dapat di mainkan secara di tekan tetapi dngan tiupan, tangga nada sama seperti alat musik biasa do re mi fa so la si do dan di tiup secara tegak.











4.      Rekorder

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg8EMd-vh8Vjd_uzYE_0Y9ypgjeR1V3wtq7KzFVpM1fPCbS9NWccd_qDixyTeweq-BxXUNTWdAPWGNQzXlCmhDEJQc_WoC3z7plB1rD2wDfWmdx7OeVHlcr56nZ069QexrrPXI6Co8dQ09h/s1600/s.jpeg

Rekorder ini popular pada abad pertengahan melalui era barok, tetapi menurun pada abad ke-18 yang menyokong alat-alat muzik orkestra, seperti flute, Oboe, dan klarinet. Rekorder dihidupkan semula pada abad ke-20, dalam mengejar prestasi bersejarah maklumat muzik awal, tetapi juga kerana kesesuaian sebagai instrumen sederhana untuk mengajar muzik dan daya tariknya untuk pemain amatur. Pada masa ini, rekorder sering dianggap sebagai alat seorang kanak-kanak, tetapi ada juga pemain profesional yang menunjukkan kepakaran mereka bermain rekorder pelbagai rentak dan lagu.




5.      Gitar
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjrKDMZbdZ3sN6we_FrczeKb7TSkc6lmKHg35F-RKhAMj82VBkaXmJBKILfqftI2OrK8kKz52TKapqfu4s_DKDJUJobrbqEvi5xwd0zOynw41SbPNYdPNakA34GQd8aSv0lSROX_5TkZ0g1/s1600/e.jpeg
Selama jaman Renaissance, alat musik gitar tidak populer dan tidak diminati masyarakat. Namun setelah Alonso Mudarra mulai memperkenalkan alat musik ini melalui karya- karyanya maka dengan segera orang-orang mulai tertarik untuk mendengarkan dan memainkan gitar. Pada abad 17 atau periode Baroque dawai (string) gitar ditambahkan menjadi lima yang masing -masing dawai berpasangan, ini memungkinkan para pemain memainkan musik yang lebih kompleks dan luas.






Alat Musik Harmonis
1) Sampek
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi4Uq_R1oGryyZ4BYozv5ruWJAS7xaHqyy2t16LAIjzaOqGqcgLVViS7qEInsJhweYss5l1YDjgGxBWMzAtkfPNesebRk9bEeRQPvVB3yKbOXGfHb1DGRxGW8sSZMHeR_IE2wwdrQOOtEpb/s200/sampek.jpg
Sampek adalah alat musik tradisional Suku Dayak. Alat musik ini terbuat dari berbagai jenis kayu. Namun, yang paling sering dijadikan bahan adalah kayu arrow, kayu kapur, dan kayu ulin dan dibuat secara tradisional. Proses pembuatan bisa memakan waktu berminggu minggu. Dibuat dengan 3 senar, 4 senar dan 6 senar. Sampek diukir sesuai dengan keinginan pembuatnya, dan setiap ukiran memiliki arti.




2) Sasando
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhY6qPOVjKVFRqI6A_tvjwfevSOaSn18tTdjPXkLZrx9gE4o3p6CP5j8KLVdAVni_Fx14CPhs8yYCYbluZu9NG6yopD6bxchenHE6zmds-P611K3BQehFE1AqZLyEtZx1316zU8PrtNbRHG/s1600/unduhan+(2).jpg

Sasando adalah sebuah alat instrumen petik musik. Instumen musik ini berasal dari pulau Rote, Nusa Tenggara Timur. Secara harfiah nama Sasando menurut asal katanya dalam bahasa Rote, sasandu, yang artinya alat yang bergetar atau berbunyi. Konon sasando digunakan di kalangan masyarakat Rote sejak abad ke-7. Bentuk sasando ada miripnya dengan instrumen petik lainnya seperti gitar, biola dan kecapi.




3) Siter
siter.GIF (4202 bytes)
Siter yang selama ini kita kenal didalam instrumen gamelan Jawa untuk dibunyikan atapun dalam musik-musik komposisi yang fungsinya mengiringi gendhing-gendhing, yang cara memainkannya terdapat pada jari untuk memetik di sebuah siter itu tersebut, siterpun juga terdapat laras/nada yang berbeda yaitu antara pelog dan slendro, namun bagian antara pelog dan slendro itu berada di satu tempat bagiannya diantaranya bawah dan atas jadi jenis siter gamelan jawa ini ada bagiannya yaitu bawah dan atas.


4) Harpha
 
Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah jenis alat musik petik. Seringkali alat musik ini diilustrasikan bersama dengan para malaikat. Bentuknya tinggi, umumnya berwarna emas, dan memiliki senar. Biasanya berbentuk dasar segitiga. Seringkali hadir bersamaan dengan orkestra simfoni, bersamaan dengan suara vokal, suara flute, atau bisa juga dengan jazz bass dan drum.
Sebuah harpa dapat dimainkan baik dengan tangan, ataupun dengan tangan dan kaki, seperti yang ditemui pada pedal harp. Harpa dapat dimainkan secara solo, atau bisa juga dalam bagian sebuah ensemble.
Namun lepas dari keseluruhan itu, baik dimana ataupun bagaimana harpa dimainkan, Harpa dapat menciptakan sebuah dentingan yang sangat indah.

5) Keyboar
Image result for alat musik  keyboar
Kibor (bahasa Inggris: keyboard) adalah sebuah alat musik yang dimainkan seperti piano, hanya kibor bisa memainkan beragam suara, seperti trompet, suling, gitar, biola, sampai perkusi-perkusian. Dengan kibor, kita juga bisa bermain layaknya sebuah band. Dengan kibor, kita juga bisa bermain seperti kita bermain organ atau piano dan lebih praktis karena lebih mudah dibawa ke mana-mana.
Kibor terdiri dari style, voice, sequencer, speaker, parameter monitor, potensiometer volume, pitch atau bend, modulation (portamento) dan tombol tombol multi track. Kibor engan teknologi speaker built in dinamakan portable sound, bila ditambah dengan teknologi rekam mini dinamakan portable sound recorder. Bila di dalam operasi kibor harus menggunakan adaptor. Sintesizer (synthesizer) adalah nama lain kibor yang berarti sintesa (dari suara suara instrumen lainnya), kibor berfungsi sebagai orchestrator atau penyelaras suara dan aransemen (multi arranger). Beberapa voice atau suara yang direkam dalam orchestrator ini bisa diperluas (expandable) dalam pengertian teknologi penyuaraan (sound engineering). Expandable berarti bisa ditinggikan bagian suara treble atau bass atau middle tone.
Alat Musik Ritmis
1.      Tamborin
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh_SWT5GlXjdhjn0UFObNPEeJtI0FnYyhYjJveG_W2fSdEN39bPr8rPQ3G8U0b85E3gRaYkqB7k0poFAghJ2z8NvxzHU6gQwg6VTRmM4nWEh4fL3FcP5YJNpTF9dz1_ZiI18T84CGF11CQ/s1600/tamborin.jpg
Tamborin merupakan salah satu alat musik ritmis yang digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berirama riang. Tamborin berbentuk berupa lingkaran logam yang pada sisi-sisinya terdapat bulatan-bulatan logam tipis yang dipasang rangkap. Tamborin ada juga yang menggunakan kulit. Tamborin memiliki beberapa simbal atau kerincingan logam kecil di sekeliling bingkainya yang akan mengeluarkan bunyi bergemerincing bila alat musik ini digoyangkan.







2.      Rebana

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhDufqDxcsKfIs1XL8ch2PmzoFPHBBoVbDcCf6CL_KuAZwXO9ntU_Dk-cKckD-UphvOlfA_Q0sOKZ2r71p-XLMKRBwq5W0fIQMr3B5a3I_nlYDttatpN2QEL2PYxJXe4hMkA5Ihztppw3c/s1600/rebana.jpg

Rebana adalah gendang berbentuk bundar dan pipih. Memiliki bingkai berbentuk lingkaran dari kayu yang dibubut dengan salah satu sisi untuk ditepuk berlapis kulit kambing. Kesenian di Malaysia, Brunei, Indonesia dan Singapura yang sering memakai rebana adalah musik irama padang pasir, misalnya, gambus, kasidah dan hadroh. Cara memainkan rebana dipukul-pukul dengan telapak tangan.







3.      Drum

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgj1oMMHGgZUEIkymHhTpLlv0fbKLzyuBpatQFN4_E9g-0qaGeaPy2747zqLX4IlR7k6Fd8yplLLy_b3_4GR9fcG3b5RT72tkcDstszqdGqNGCwSOL_d6gbXQQDTi_R1IbjriFq0FzbLbI/s1600/drum.jpg

Drum termasuk  kelompok alat musik pukul yang terdiri dari kulit yang direntangkan dan dipukul dengan tangan atau sebuah batang. Selain kulit, drum juga digunakan dari bahan lain, misalnya plastik. Drum terdapat di seluruh dunia dan memiliki banyak jenis, misalnya kendang, timpani, dan lain-lain. Dalam musik pop orang yang memainkan drum set disebut "drummer".






4.      Kastanyet

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEipUOt82CZd_jql3QwAoZ3IjkCIKbdWUh9spa9Tl6eqq1X4qvkC_eeO5kh8YGUimCQCFtQhabVpErxB2pQmknWGH-wOCWdwwmGiu0PaOS0BvLP78-dON1apD89wFyQ_9s7GzLdHDdX9oYU/s1600/kastanyet.jpg

Kastanyet merupakan alat musik yang terdiri atas sepasang kepingan gading atau kayu keras yang cekung yang digesek-gesekkan dengan (ibu) jari untuk mengiringi irama tari-tarian Spanyol. Kastanyet dimainkan dengan cara meletakkannya di tangan kiri lalu tangan kanan menepuk tangan kiri yang memegang kastanyet.






5.      Kendang
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjKu9luCIFCOzKjAkzVDsgOb6c7OSS_-m_tHKaKC5Gs_vLncLHJQGeqXU-eBTHqX3SDHINMASOL2nj-gZt_4Ni_UFLbVY3zxNPdDRTxF0rKG6vQYiQKcpJ-fzLGeir3oJ4A_D3mjkIXjBk/s1600/kendang.jpg

Kendhang, atau gendang adalah instrumen dalam gamelan Jawa Tengah yang salah satu fungsi utamanya mengatur irama. Kendang dibunyikan dengan tangan. Jenis kendang yang kecil disebut ketipung, yang menengah disebut kendang ciblon/kebar. Pasangan ketipung ada satu lagi bernama kendang gedhe biasa disebut kendang kalih.

Komentar